Tips Membuat Nastar dan Kue Kering Lain Pakai Oven Anti Gagal

Tips Membuat Nastar dan Kue Kering Lain Pakai Oven Anti Gagal

Menyambut hari raya di Indonesia rasanya tak lengkap tanpa adanya kue-kue kering spesial. Selain membelinya, kamu mampu terhitung coba membuatnya sendiri di rumah. Untuk para pemula, tak wajib cemas gagal membawa dampak kue kering memanfaatkan oven di rumah. Berikut ini lebih dari satu tips memanggang kue kering memanfaatkan oven supaya hasilnya anti gagal. Baca juga: 6 Tips Bikin Nastar Pakai Oven Tangkring,

Anti Retak dan Tidak Gosong 1. Jangan memanfaatkan suhu sangat tinggi Biasanya kamu disarankan untuk memanfaatkan suhu rendah untuk memanggang kue kering. Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan biasanya memanfaatkan suhu oven sekitar 150 derajat celsius saja. Arief memberi saran untuk memanggang kue didalam suhu rendah dengan kala yang agak panjang. Hasilnya, warna kue kering akan lebih merata dan kue pun akan sangat kering matang. Bukannya kering gosong namun anggota didalam masih mentah. Baca juga: Bikin Kue Kering Lebaran, Lebih Enak Pakai Mentega atau Margarin? Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di e mail kamu. Daftarkan e mail Lihat Foto Ilustrasi kue kering yang sering tersedia kala Lebaran.

(Dok. Shutterstock/Rido Fadilah) 2. Suhu wajib tepat Untuk itu, kamu wajib mengetahui dengan tentu berapa suhu oven tepatnya dikala memasukkan adonan kue kering. Pastikan suhu udah sesuai sebelum kala memasukkan kue kering. Jangan hingga suhu sangat rendah atau sangat tinggi dikala kue dimasukkan dikarenakan mampu membawa dampak kue kurang masak atau apalagi sangat matang. Untuk oven tertentu biasanya udah tersedia alat digital yang perlihatkan suhu oven. Namun lebih dari satu oven masih belum membawa itu. “Misalnya oven kompor nih, kita wajib mengetahui ini panasnya seberapa. Kalau kita melihat di hotel kan udah tersedia digitalnya, ini 180 derajat celsius oven listrik kirin .

Kalau kompor kan enggak mengetahui semata-mata memanfaatkan tangan aja,” ujar Pastry Chef Disy Ery Braswito dikala dihubungi Kompas.com, Selasa (13/4/2021). Alternatifnya, kamu mampu memanfaatkan termometer tertentu memasak untuk mengukur suhu oven. Selain itu, Disy terhitung menyebut kamu mampu memanfaatkan thermometer gun yang biasa digunakan untuk mengukur suhu tubuh di jaman pandemi ini. “Bisa dikarenakan itu kan memanfaatkan inframerah. Tembak saja dari luar (oven). Sebenarnya itu kita udah memanfaatkan terhitung untuk cokelat temper,” imbuh Disy. Baca juga: Kapan Waktu Tepat Oles Egg Wash ke Nastar? Bikin Nastar Anti Retak Lihat Foto Ilustrasi oven, membawa dampak kue, memanggang kue(Shutterstock) 3. Panaskan oven sebelum kala memanggang Memanaskan oven sebelum kala memanggang kue cukup krusial untuk menegaskan kue masak dengan sempurna.

“Oven wajib panas dikarenakan kue atau cookies perlu panas sesuai resep untuk mengembang atau mengimbuhkan tingkat kematangan yang diinginkan,” ujar Executive Pastry Chef Swissotel Jakarta PIK Avenue Budi Kuniawan seperti tercantum didalam berita Kompas.com. Jika oven tidak dipanaskan sebelum kala memasukkan kue kering, maka kue akan menjadi keras. Warna permukaan kue kering pun tidak akan sempurna dan merata. Selain itu, kue terhitung akan perlu kala lebih lama daripada biasanya untuk matang. Kue tidak akan mampu masak sesuai dengan kala yang tercantum pada resep. Selain itu, mentega pada adonan kue akan lebih meleleh dan membawa dampak kue kering lebih melebar, tipis, dan rata.

Baca juga: Hati-hati Overmix Penyebab Kue Kering Gagal, Yuk Pelajari! Lihat Foto Ibu tempat tinggal tangga memanggang kue kering pesanan kastemer di rumahnya di Kampung Benggala, Serang, Banten, Senin (4/5/2020). Menurutnya, jumlah pesanan kue kering Lebaran th. ini menurun sekitar 50 prosen dibanding th. selanjutnya akibat pandemi Covid-19.(ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)

4. Jangan buka pintu oven sangat sering Tips setelah itu adalah jangan buka pintu oven sangat sering. Hal itu berfaedah untuk melindungi kestabilan suhu. Jika pintu oven sangat sering dibuka maka suhu panas di didalam oven akan muncul dan panas pun berkurang. Hasilnya, kue kering akan wajib kala lebih lama untuk masak sempurna. Jika ovenmu membawa pintu kaca, cukup awasi kematangan kue kering dari kaca itu saja. Biasanya kue kering wajib kala sekitar 30-40 menit untuk matang. Cukup cek kematangan kue dengan cara mengambil alih kue dikala waktunya udah tiba. Kamu terhitung mampu sesuaikan dengan kala kematangan kue yang tercantum pada resep yang digunakan. Baca juga: Apa Fungsi Tepung Maizena pada Nastar dan Kue Kering Lain?

5. Letakkan di rak sedang Seperti melansir The Kitchn, terkecuali kamu memanfaatkan oven listrik maka letakkan kue kering di rak anggota tengah. Dengan begitu kamu akan mendapatkan panas yang merata dari atas dan bawah oven. Sementara terkecuali memanfaatkan oven gas, letakkan kue kering agak ke atas supaya anggota atas kue mampu lebih enteng kecoklatan. Sumber panas dari bawah akan memantul ke langit-langit oven dan membawa dampak kue kering anggota atas lebih cepat coklat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *